01 Juli 2009

cara mengatasi error 42 di MP 145

Saya punya pengalaman yang sangat berharga dalam pemakaian printer canon MP 145. printer ini kan memang banyak errornya. Maklumlah fungsinya juga banyak, bisa print, scan sekalian dengan fotokopi. Lha kalo error salah satu fungsinya saja semua juga ikut ga bisa di pake. Sebenarnya ada cara mereset yang paling gampang, caranya pencet aja tombol reset 5 detik pasti normal lagi. tapi eits... tunggu dulu. itu hanya untuk yang ringan-ringan saja. Lha kalo error 42 direset kayak gitu ga bisa. Nah, error-error itu apa aja ?
Berikut ini adalah kode-kode error yang saya ambil dari berbagai sumber :

E2-2 = No paper (ASF)

E3-3 = Paper jam

E4 = No ink

E5-5 = The ink cartridges are not installed or a non-supported ink Cartridge is installed, or the ink cartridges are not installed properly

E8 = Waste ink absorber full, or platen waste ink absorber full

E9 = The connected digital camera / video camera does not support Camera Direct Printing

E14 = The Ink cartridges whose destination are wrong

E15 = Ink cartridge is not installed E16 – Ink remaining is unknown

E16 -E19 = Failed to scan head alignment sheet

E22 = Carriage error

E23 = Paper feed error

E24 = Purge unit error

E25 = ASF(cam) sensor error

E26 = Internal temperature rise error

E27 = Waste ink absorber full or platen waste ink absorber full

E28 = Ink cartridge temperature rise error -

E29 = EEPROM error

E33 = Paper feed position error

E35 15 = USB Host VBUD overcurrent error – USB

E37 17 = Abnormal motor driver error

E40 20 = Other hardware error

E42 22 = Scanner error

Yang pernah saya alami baru error 4 sama error 42. Error 4 biasanya karena tintanya ga asli soalnya printer jenis ini cuma mengenali tinta asli. (pinter juga canon ya, biar laris cartridgenya). Untuk error 4 caranya gampang seperti saya tulis diatas tinggal pencet tombol reset 5 detik, jadi deh.Kalo error 42 kan scannernya yang bermasalah. Trus gimana solusinya ? Solusi saya waktu itu saya bawa ke tokonya buat diservis. Untung masih garansi. Eh ternyata dia juga ga bisa. jadi solusi jitunya adalah garansikan aja ke service centernya canon. Beres kan ? He...he....
ya kan daripada mumet-mumet browsing2 cari solusi ksana kemari ternyata nol besar. Ya servisne aja.

Itulah solusi saya tapi maaf kalo menurut anda tidak jitu. He...

6 komentar:

  1. Anonim6:07 PM

    tandanya belum bisa menyelesaikan masalah sendiri, kalau dekat oke nah jauh gimana ????

    BalasHapus
  2. Iya juga sech...!!!
    Aku setuju juga dengan ide situ....

    Baru kali ini aku g' bisa ngatasi error printer MP145 yaitu E42...!!!

    BalasHapus
  3. Anonim4:07 PM

    ganti scanner ok kok

    BalasHapus
  4. Anonim10:04 AM

    aku juga,, rencananya mau aku offlinekan scanner nya saja,, tapi tetep tidak bisa,,

    BalasHapus
  5. Gak mumet jg,,error 42 tidak selalu disikitar yg sering di bahas kbanyakan blog, yaitu kabel vita dan bla bla bla.. saya sudah menemukan kasus yg memang tidak selalu itu,,dan akhirnya sukses jg..
    Kunjungi blog saya.. http://rajinter-repair.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah mengunjungi blog anda, tapi kok gak ada yah?

      Hapus

komenmu dong